Perbedaan CV ATS dan Non ATS

Perbedaan CV ATS dan Non ATS

Bagi kamu yang ingin membuat CV penting mengetahui perbedaan CV ATS dan non ATS atau CV biasa (CV Kreatif). Apa itu CV ATS? Applicant Tracking System atau ATS adalah sistem yang membantu HRD perusahaan menyaring, melacak, dan mengelola lamaran kerja. HRD bisa dengan mudah menyortir CV secara otomatis berdasarkan kata kunci, skill, pengalaman, dan lainnya. Berikut ini beberapa perbedaan CV ATS dan non ATS.

Perbedaan CV ATS dan Non ATS

1. Format Judul dan Kata Kunci

CV ATS menggunakan judul konvensional, seperti "Pengalaman Kerja" dan "Pendidikan" dengan kata kunci yang relevan dengan deskripsi pekerjaan. Format ini dibuat agar mudah dibaca teknologi ATS. Berbeda dengan CV non ATS yang memiliki format menarik, berbeda, serta tentu saja kreatif dibandingkan dengan pelamar lainnya.

2. Font

CV ATS menggunakan font yang umum, seperti Arial, Times New Roman, Helvetica, Calibri, Cambria, Lato, Georgia, dan Verdana. Berbeda dengan CV non ATS yang bisa mengggunakan lebih dari satu font untuk membuat tampilannya lebih menarik.

3. Desain

CV ATS memiliki desain yang minimalis didominasi oleh warna-warna netral, seperti warna hitam dan putih. Berbeda dengan CV non ATS yang didesain sekreatif mungkin dengan kolaborasi berbagai macam warna.

4. Waktu Penggunaan

CV ATS digunakan saat melamar di perusahaan besar yang menggunakan website karir dan teknologi ATS dalam melakukan perekrutan. Sedangkan CV non ATS digunakan saat perusahaan meminta CV kandidat dikirimkan melalui email.

5. Pemilihan Kata

Karena CV ATS melewati proses pemeriksaan sistem. Jadi, pastikan pemilihan kata atau keyword cocok dengan keyword telah ditetapkan perusahaan. Dengan begitu akan semakin besar kemungkinan untuk lolos ke tahap selanjutnya. Berbeda dengan CV non ATS yang tidak begitu ketat dengan pemilihan kata.

6. Cara Kerja

Terakhir adalah cara kerja. Setelah membaca perbedaan diatas, pasti sudah banyak yang mengetahui cara kerja CV ATS menggunakan teknik scanning oleh sistem. Sedangkan cara kerja CV non ATS yaitu diperiksa dan dibaca langsung oleh HRD bukan melalui bantuan sistem.

Cara Membuat CV ATS Friendly dan Cek Score

Cara Membuat CV ATS Friendly

Setelah mengetahui perbedaanya, sekarang saatnya membuat CV ATS FriendlyDalam membuatnya tentu tidak mudah karena proses penyaringan CV menggunakan sistem. Jadi, kamu harus membuat CV ATS yang friendly atau mudah di tracking oleh sistem.

Lalu bagaimana cara membuat CV ATS yang Friendly? Bagi kamu yang bingung dan belum memiliki pengalaman dalam membuat CV ATS, tenang saja karena saat ini sudah tersedia website dengan fitur generator CV ATS terbaik yang mudah digunakan yaitu SuratPlus.

Kamu bisa membuat CV ATS Friendly dengan mudah dan cepat menggunakan fitur generator SuratPlus. Tidak hanya mudah dan cepat, SuratPlus juga memberikan fitur template standar sistem ATS, fitur rekomendasi frasa dan optimalisasi CV dengan fitur review.

Berikut ini beberapa langkah membuat CV ATS Friendly di SuratPlus:

1. Kunjungi website Suratplus.com.

2. Pilih Produk CV ATS.

3. Klik MULAI BUAT CV ATS, kamu akan dialihkan ke halaman pembuatan CV ATS.

4. Daftar akun untuk menggunakan berbagai fitur terbaik di Suratplus, bisa menggunakan akun Google atau Email.

5. Setelah berhasil membuat akun, silahkan login untuk membuat CV ATS.

6. Isilah semua data-data yang diperlukan dengan data terbaru dan valid sesuai dengan posisi yang ingin kamu lamar. Berikut data-data yang diperlukan:

  • Informasi Pribadi
  • Objektif
  • Pendidikan
  • Pengalaman Kerja
  • Sertifikasi
  • Penghargaan
  • Skills
  • Organisasi
  • Pendidikan Non-Formal

7. Setelah selesai mengisi semua data-data yang diperlukan, kamu bisa memilih template CV ATS yang kamu inginkan dengan cara klik tombol “Pilih Template”.

8. Selanjutnya optimalkan CV dan download.

9. Setelah berhasil membuat CV ATS, langkah selanjutnya cek score CV ATS sudah friendly atau tidak. Fitur Artificial Intelligent (AI) dari SuratPlus akan mereview CV ATS secara otomatis.

10. Klik tombol lihat skor dan kamu akan dialihkan ke halaman review CV ATS. Ada beberapa indikator yang dijadikan penilaian dari CV ATS seperti Matchrate (seberapa cocok CV dengan posisi yang dilamar), CV Length (Panjang dari CV), Concise Bullet Points, Quantitative Impact, dan Section completion.

11. Jika mendapatkan score yang rendah, kamu bisa mengedit kembali CV yang telah kamu. Berikut ini beberapa tips dan cara mendapatkan score CV ATS yang tinggi:

  • Hindari penggunaan gambar, grafik, simbol, tabel, dan kolom yang kompleks karena ini dapat membingungkan sistem.
  • Gunakan format Dokumen Word (.docx) dan PDF.
  • Perhatikan kata kunci atau istilah spesifik, istilah teknis, atau keterampilan yang sering muncul dalam deskripsi pekerjaan.
  • Masukkan informasi dasar seperti nama, informasi kontak, pengalaman kerja, pendidikan dan keterampilan.
  • Pastikan informasi lengkap dan akurat.
  • Hindari typo.
  • Optimalkan judul bagian seperti "Pengalaman Kerja", "Pendidikan", dan "Keterampilan" untuk membantu ATS memahami konten CV.
  • Memperbarui CV untuk setiap lamaran.

Itulah informasi lengkap mengenai perbedaan CV ATS dan non ATS. Tidak hanya mengetahui perbedaanya saja, kamu juga bisa mempelajari cara membuat CV ATS yang friendly agar bisa diterima kerja di perusahaan. Semoga bermanfaat!