6 Tips Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar

6 Tips Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar

Sebagai pemula, terkadang perlu amunisi sebelum artikel siap berperang di medan pencarian Google. Kenapa perlu amunisi? Karena di sana banyak kompetitor yang berlomba-lomba untuk menjadi terbaik di antara yang terbaik. Amunisi tersebut bisa kamu dapatkan dengan membaca 6 tips menulis artikel di bawah ini.

Sebelum itu, perlu kamu ketahui bahwa artikel blog yang sukses berawal dari artikel yang terurus dan penuh persiapan. Selain itu juga, terdapat strategi, ambisi, dan konsistensi. Jadi, jaga asa dan ambisinya agar dapat menelurkan artikel-artikel yang bersaing.

6 Tips Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar

Memenangkan persaingan di mesin pencari Google memanglah tidak mudah. Namun, dengan bekal menulis artikel yang tepat, setidaknya dapat membuka kesempatan untuk menjadi artikel yang disenangi Google dan pembaca.

Untuk membuka peluan tersebut, berikut ini penulis sajikan tips menulis artikel blog yang baik dan benar. Besar harapan, dapat membantu proses kamu dalam berlatih menulis artikel.

Tentukan Target Pembaca

Pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menentukan target pembaca. Penargetan pembaca ini cukup beragam dari segi kategorinya. Apakah berdasarkan gender, usia, latar belakang, ras, minat, dan lain sebagainya.

Dengan menentukan taget terlebih dahulu, kamu bisa jauh lebih mudah dalam menentukan strategi nantinya. Bukan hanya pada permainan catur, dalam menulis artikel blog pun memerlukan strategi. Alasannya agar artikel yang kamu buat memiliki tujuan pasti dan mendapatkan dampak baik bagi blog kamu.

Pilih Topik atau Tema

Jika sudah menentukan target pembaca, tips menulis artikel selanjutnya yaitu memilih tema atau topik. Untuk referensi dalam menentukan topik atau tema, kamu bisa memilih salah satu dari banyaknya hal yang kamu sukai.

Kamu juga bisa menambahkan parameter dalam menentukan topik atau tema berdasarkan target pembaca. Dengan begitu, artikel yang kamu tulis bisa lebih spesifik dan tepat sasaran.

Melakukan Riset

Riset merupakan bagian terpenting dalam menulis artikel. Adapun hal-hal yang perlu kamu riset di antaranya seperti kata kunci serta detail-detail penting. Dalam riset kata kunci atau keyword memerlukan strategi yang tepat. Hal tersebut agar artikel kita buat dapat membantu optimasi blog dengan baik.

Lalu, untuk riset detail-detail pentinya yaitu bertujuan agar artikel yang kita buat memiliki kredibelitas yang baik. Selain itu, juga agar tidak menimbulkan kesalahpahaman atau meminimalisir kesalahan dalam menyampaikan informasi.

Cukup Tulis yang Penting-Penting Saja

Apabila kamu bingung ingin memulai menulis dari mana, kamu bisa memulai dari menyampaikan hal-hal yang kamu anggap penting saja. Sebagai contoh, kalau kamu ingin menulis tentang review sofa, maka bisa menyampaikan ukuran, bentuk, desain, dan kelebihannya.

Fokus menulis artikel terhadap hal-hal yang penting dapat membantu kamu lebih terperinci dalam menulis. Selain itu, dengan menyajikan informasi secara to the point juga cenderung memberikan kesan lebih praktis.

Perhatikan Kaidah SEO

Pada tips kali ini, tak kalah pentingnya dengan point-point sebelumnya. Kaidah SEO penting untuk kamu patuhi agar artikel dapat bersaing di mesin pencari yang diakses melalui peramban/browser.

Biasanya kaidah SEO pada artikel ini berupa penyebaran dan peletakan kata kunci, penggunaan heading, hingga penggunaan konjungsi. Selain itu, jumlah kata pada artikel sangat mempengaruhi. Untuk minimal jumlah kata pada artikel kisarannya 350-500 kata.

Buat Judul yang Berkesan

Memberikan judul yang menarik merupakan bagian yang tak kalah pentingnya dengan step-step yang lain. Pastikan untuk membuat judul yang lugas, menarik perhatian, dan selaras dengan informasi artikel yang kamu tulis.

Dalam pembuatan judul, yang paling penting adalah terdapat satu kata kunci di dalamnya. Hal tersebut merupakan strategi agar artikel lebih SEO Friendly.

Seperti itulah informasi mengenai tips menulis artikel blog yang baik dan benar. Tak ada tulisan yang buruk, semua hanya perkara pembiasaan dan proses. Semakin kamu terbiasa menulis artikel blog, maka kemampuanmu semakin terasah. Begitu juga sebaliknya jika kamu tidak mengasahnya maka akan tumpul.